Hubungan Marga Sihombing Dengan Marga Naibaho


Turi-turianni Parpadanan Sihombing Lumbantoruan dengan Naibaho
Horas dihita sude,

sebuah Legenda/cerita kuno yang mengisahkan awal mula parpadanan (Sumpah) antara Marga Sihombing Lumbantoruan dengan Marga Naibaho. Saya akan coba menuliskan turi-turian (cerita) ini dalam bahasa Indonesia sehari-hari.


Dahulu kala di daerah Humbang tengah terjadi peperangan antara Marga Sihombing dengan Marga Marbun. Jika kita ambil data-data tarombo marga, dalam hal cerita ini yang sedang berperang adalah Marga Sihombing yang bernama Op.Raung Nabolon yang memiliki 3 anak yaitu : Op.Hombar Najolo, op.Ginjang Manubung dan Op.Pande Namora. Sundut(Generasi) Nomor 4 dan Nomor 5 terhitung dari Borsak Sirumonggur Lumbantoruan (sesuai dengan aturan penomoran generasi marga Sihombing Lumbantoruan).
Jauh diseberang Danau Toba,tepatnya di pulau Samosir daerah Pangururan bermukim marga Naibaho ( anak pertama dari Siraja Oloan); ada keturunannya seorang Datubolon (Dukun pendekar sakti) yang bernama op.Datu Galapang. op.Datu Galapang ini dikenal sebagai pangaranto bolon (suka merantau) untuk mencari dan menjajal ilmu hasattian (kesaktian).

Terjadilah sebuah kisah memilukan dimana op.Datu Galapang mardenggan-denggan (berhubungan) dengan ibotonya sendiri yaitu namboru Siboru Naitang,sampai lahir keturunan dari mereka berdua itulah yang sekarang menjadi marga Sitindaon (sitandaon ma on=sebagai tandalah ini) atas persitiwa tersebut. Akibat dari kejadian ini membuat marah Marga Naibaho dan menjatuhkan hukuman kepada kedua pasangan terlarang tersebut. Op.Datu Galapang dibuang kehutan angker yang penuh dengan harimau buas sedangkan namboru Siboru Naitang dipanongnong (ditenggelamkan ke danau). Menurut mitos kuno yang masih dipercaya sampai sekarang, namboru SiBoru Naitang menjadi penunggu Danau Toba.Singkat cerita, karena kesaktiannya op.Datu Galapang berhasil meloloskan diri dari Hutan angker tersebut dan pergi ke Humbang melanjutkan perjalanannya dalam mencari ilmu. Keunikan op.Datu Galapang ini,dia hanya membawa sebilah belati untuk senjatanya serta selalu membawa segumpalan tanah dan sekantung air.

Kembali ke awal cerita diatas,tengah berlangsung perang antara marga Sihombing dan marga Marbun.

Dikarenakan ada seorang pangulu balang (panglima perang) dari marga Marbun yang demikian kuat dan sakti,membuat marga Sihombing berada diambang kekalahan. Karena Sihombing diambang kekalahan,mendengar bahwa op.Datu Galapang berada di humbang maka marga Sihombing berusaha meminta pertolongan kepadanya. Mungkin karena sudah dituntun oleh Mulajadi Nabolon (sebutan Tuhan dalam kepercayaan Batak kuno), op.Datu Galapang akhirnya membantu marga Sihombing yang sedang diambang kekalahan.
Op.Datu Galapang mendatangi wilayah marga Marbun dan bermaksud menemui panglima perang Marbun yang kuat dan sakti tersebut. Sesampainya didaerah kekuasaan Marbun,op.Datu Galapang menabur tanah dan menginjaknya serta meminum air yang dibawanya (inilah salah satu tanda kesaktiannya). Seketika datanglah Marga Marbun menghampiri dan berusaha mengusir op.Datu Galapang. Mendengar hal itu op.Datu Galapang hanya menjawab dengan perkataan : ” boasa palaohonmuna au? ia Tanokku do na hudege jala aekku do na huinum. (kenapa kalian mengusir saya? bukannkah tanahku sendiri yang kupijak dan airku sendiri yang kuminum).” Mendengar ucapan yang “tidak biasa” itu,Karena mereka sadar yang mereka temui tersebut bukan “orang sembarangan”,maka marga Marbun akhirnya memanggil panglimanya .Karena mereka sadar yang mereka temui tersebut bukan “orang sembarangan.”
Kesaktian panglima Marbun yaitu tidak dapat dibunuh selama badan dan kakinya menyentuh tanah (ilmu ini didaerah Jawa dikenal dengan ajian Rawa Ronteg ). Dengan sedikit akalnya,op.Datu Galapang mengakalinya dengan menyuruh panglima Marbun tersebut memanjat sebuah pohon mangga,karena diatas pohon tersebut terdapat sebuah mangga yang jika dimakan dapat menambah kesaktian seseorang. Ketika sang panglima memanjat pohon itu,serta merta pada saat itu kaki dan badannya tidaklah lagi menyentuh tanah.Kesempatan ini tidak disia-siakan Op.Datu Galapang, dan segera menikam tubuh panglima Marbun tersebut hingga tewas. Melihat panglimanya sudah tak berdaya lagi,semangat tempur marga Marbun menjadi mundur. Sampai akhirnya marga Marbun terkalahkan dan marga Sihombing memenangi perang tersebut.
Atas jasanya, maka op.Datu Galapang diampu (diangkat) anak oleh Marga Sihombing dan sejak saat itu sah telah menjadi Marga Sihombing bukan Naibaho lagi.Menjadi anak ke 4 dari Op.Raung Nabolon seperti telah disebutkan pada awal cerita diatas.Demikianlah,sehingga terjadi parpadanan antara Marga Sihombing dan Naibaho.Karena jika dilihat secara genetik, keturunan marga Sihombing dari op.Datu Galapang hanya gelar marganya saja yang Sihombing Lumbantoruan,namun darah yang mengalir ditubuhnya tetap darah Raja Naibaho. Namun dikarenakan sumpah(padan) yang kuat,tidak hanya khusus kepada keturunan op.Datu Galapang saja yang tidak boleh marsibuatan (mengawini) dengan ibotonya sendiri (boru Naibaho) ;Anak dari op.Datu Galapang ada 3 yaitu : op.Tuan Guru Sinomba,op.Juara Babiat dan op.Datu Lobi. Tetapi berlaku kepada seluruh keturunan Marga Sihombing Lumbantoruan Lainnya.
Sebagai tambahan mengenai cerita diatas,sampai saat ini masih terdapat pro dan kontra apakah Marga Sihombing Lumbantoruan (khusunya keturunan dari Op.Datu Galapang) hanya berpadan dengan marga Naibaho saja, ataukah kepada ke 5 Marga Lainnya keturunan Si Raja Oloan yaitu : Sihotang,Sinambela,Bakkara,Manullang dan Sihite.Karena jika ditelaah lebih dalam dari uraian cerita diatas, op.Datu Galapang adalah keturunan langsung dari Marga Naibaho dimana didalam tubuhnya secara genetik mengalir darah Siraja Oloan???
Satu sumber menyebutkan,hanya marga Sihotang yang mau “mengikuti” padan diatas. Karena pernah diucapkan marga Sihotang kepada Marga Naibaho (sebagai haha dolinnya) : padanni Hahadoli nami siihuttonon hami do (sumpah kepada abang kami akan kami ikuti sebagai adiknya). Tapi dilain pihak ada beberapa pihak mengatakan bahwa yang marpadan hanyalah Marga Naibaho saja,bukan berarti ke 5 marga SiRaja Oloan yang lain mengikutinya. (karena ada beberapa marga Sihombing Lumbantoruan yang sudah memperisitri br.Sihotang,br.Sihite)
Padan Marga Sihombing Lumbantoruan dengan Marga Naibaho dan Marga Sitindaon tetap dipegang kuat sampai sekarang karena masih adanya hubungan pertalian darah (sisada mudar).
Perbedaan pendapat bukan untuk menjadi bibit perselisihan.Dalam hal ini penulis bukan berusaha memperdebatkan padan najolo (sumpah dahulu kala).Tetapi tidaklah lain hanya berusaha melestarikan turi-turian najolo (cerita-cerita legenda) supaya tidak hilang “digilas” kerasnya perputaran jaman.
*Akka padan naung pinukka akka ompunta sijolo-jolo tubu,si ihuttononta akka na parpudi *

232 komentar:

  1. namun sihotang mempunyai padan tersendiri yaitu toga marbun. bagaimana dengan itu? mhon dijwab yh.:)
    saya br.lumbantoruan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ya ito atas pertanyaannya, mungkin klo padan yg ito tanya saya kurang tau, mungkin lbh baik ito menanyakan lsung ke marga yang bersangkutan yaitu antara sihotang dan toga marbun. karena blog website inikan membahas tentang toga sihombing, khususnya borsak sirumonggur lumbantoruan. ok ito ku. mauliate

      rgrds,
      Admin

      Hapus
    2. Jadi klo sihotang bisa nikah gak ya to sm sihombing,,, mohon balasannya, trims br.hotang

      Hapus
    3. Saya mau nanya tok.
      Apakah padan naibaho dan sihombing lumbantoruan ith pnya hal trkhusus? Mksd ku. Padannya naibaho hanya kpada sihombing lumbantoruan hutagurgur atau hanya tuk sihombing hariara.dan atau sbliknya hanya tuk kedua nya.
      Mauliate tok.
      Au br. Sihombing lumbantoruuan Hutagurgur

      Hapus
    4. Itu hariara dan hutagurgur sama aja tok, karena hutagurgur dan hariara anak sihombing lumbantoruan
      Jadi tetap marpadan lah sihombing lumbantoruan dengan naibaho
      Karena apa yang dilakukan orang sebelum nya itu akan turun ke generasi berikutnya tok, itu saja menurut ku

      Hapus
    5. Itu hariara dan hutagurgur sama aja tok, karena hutagurgur dan hariara anak sihombing lumbantoruan
      Jadi tetap marpadan lah sihombing lumbantoruan dengan naibaho
      Karena apa yang dilakukan orang sebelum nya itu akan turun ke generasi berikutnya tok, itu saja menurut ku

      Hapus
    6. Tapi lain cerita yg ku dengar ito, abang/appara, yg kudengar hanya hutagurgur lah, itu pun bukan padan yg kudengar melain kan dongan samudar. Mohon pencerahannya.

      Hapus
    7. Apakah marga naibaho bisa berhubungan dengan sihombing hariara?

      Hapus
    8. horas di hita sude.
      naing manukkun jo au amang,
      aha do hubungan ni margatta tu marga purba.
      alana di tano simalungun mandok marpadan do lumbantoruan dohot purba.
      ale sattabi, dang hea hu bege marpadan purba dohot lumbantoruan.
      au sian sihombing hariara.
      mohon penjelasan amang, mauliate di hita sude.

      Hapus
  2. jadi bagaimana dengan saya yg bermarga Bintang?
    apa tidak bisa juga dengan boru lumbantoruan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo tidak salah, marga bintang itu sama dengan marga naibaho kan.
      ya jelas...menikah dengan boru hombing tidak bisalah, kan sudah ada padannya. berarti ito lah sama boru hombing. Dalam adat batak...Padan marga lebih kuat dengan hubungan 1 keturunan. misalnya klo saat ini sesama Togas sihombing (hutasoit atau silaban atau nababan) sudah saling menikah. dan hal ini bukan 1 atau 2 keluarga aja tp sudah banyak (pribadi: Sangat Menyesalkan hal ini). tp untuk sihombing lumbantoruan yang saya tau belum ada menikah dengan boru naibaho atau sebaliknya. mauliate..

      Hapus
    2. Iya tok...mg blum ada ku lhat bhwa marga sihombing menikah dgn br. Naibaho dn bgtu jga sbliknya.
      Ku mau nanya tok. Apakah ini trkhusus tk br. Lumbantoruan hutagurgur atau hariara.
      Mauliate.
      Aku br. Sihombing lumbantoruan Hutagurgur

      Hapus
    3. Ito ku yg cantiq, kalo ito baca crita di atas sbnrnya hanya dr keturunan datu galapang nya, tp sbgian marga sihombing ada jg yg bilang dr hutagurgur. Ok to

      Hapus
    4. Naibaho dohot hutasoit lae
      Boi do marsibuatan??

      Hapus
    5. Oppung raung nabolon sudah berjanji sama Datu galapang, jika dia berhasil membalaskan atas kematian anaknya karena ulah musuhnya , dia akan mengangkat anak nya sendiri andk si naibaho dan akan marhorja dan memberikan tanah dan mengundang saudaranya hariara dan tuan hinalang dan mengikat padan dengan naibaho, bahwa mereka sisada anak sisada boru , dan semua lumbantoruan menyaksikan itu, jadi hariara dan hutagurgur ikut marpadan tu naibaho bahwa mereka sisada anak sisada boru

      Hapus
    6. Oppung raung nabolon sudah berjanji sama Datu galapang, jika dia berhasil membalaskan atas kematian anaknya karena ulah musuhnya , dia akan mengangkat anak nya sendiri andk si naibaho dan akan marhorja dan memberikan tanah dan mengundang saudaranya hariara dan tuan hinalang dan mengikat padan dengan naibaho, bahwa mereka sisada anak sisada boru , dan semua lumbantoruan menyaksikan itu, jadi hariara dan hutagurgur ikut marpadan tu naibaho bahwa mereka sisada anak sisada boru

      Hapus
  3. appara jack val..jelas tidak bisa karena Bintang itu keturunan Raja Tolpak Lading sedangkan Lumban toruan Datugalapang adalah keturunan PorhasJapJap sedangkan Tolpak lading dan PorhasJapjap adalah sama-sama anak Naibaho,,kenapa tidak bisa karena pada dasarnya lbn toruan dan Bintang sama-sama marga Naibaho yang merantau.,dan beradaptasi dengan daerahnya demi harajaonnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak kapan Naibaho memperanakkan Lumban toruan Datugalapang ?....

      Hapus
    2. Ro maho Tu pangururan Edberd bereng ma Ruma Bolon Ruma ni Raja Naibaho i di Siahaan Bagasan Pangururan disi ma Si Datu Galang Tubu mulai sian Sundut 1 sampe 17 di Ruma Bolon i sayang Ruma Bolon i nga Burburon,molo Appara Edberd nga tubu di kota ra jala terpengaruh dunia Kontroversi. Jala Jalo ma Tu Naibaho di Huta i Taromboni Naibaho berengma disi Tarsurat sundut 16 (garis keturunan 16 dari Naibaho) ma Op Datu Galapang,dang asal asal i Bapa,,ai Bolanda do Maniop Tarombo i Na jolo jala Taon 98 di paulakma Tarombo i marhita Gareja HKBP Bolon Pangururan,,,manat ho amang unang manolsol di pudi.

      Hapus
    3. admin,,,,godang do na so hattus di turi2an mon,dang adong anak ni naibaho namargoar Datugalapang,manginarnaiborngin do,molo ala ni salah mangalakka,gabe dihukum mati,,,ima dibuang tu tombak,berarti dianggap sdh tidak ada,,,,trus aha ma padan na,,,perkara hidup atau tidak,berarti sdh dianggap tdk ada,hape boi do tombus ibana sian mara sahat tu lintongnihuta,molo hami pinoppar ni datugalapang,dang adong padan tu naibaho,mudar namakkuling do"ho do ahu,ahu do ho"alana adong dope pertalian mudar di hami pinoppar ni datugalapang,jala manat hamu mambaen tu umum molo dang takkas diboto hamu alur ceritana

      Hapus
    4. Bapak saya pernah cerita bwh keturunan datugalapang dgn naibaho ada hubungan parpadanan.

      Hapus
    5. Dongan samudar do

      Hapus
    6. Shallom semua mau nanyak nie.
      Hutasoit itu termasuk raja Oloan gak yaa?;atau Bisah gak sih si Hutasoit ini menikah dengan salah satu marga yg termasuk marga raja Oloan?

      Hapus
  4. luar biasa cerita on jala sarupa songon na dituri-turihon appung ku, alai boasa dang olo anggi ni naibaho mangakkui padan tu sihombing ate?

    BalasHapus
  5. dan kalo bisa aku bilang, naibaho dan sihombing adalah bukan padan tapi abang adik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Na hea hubege caritana, anak ni Ompu Raung Na Bolon do Datu Galapang na dohot mate di parporangani na isterina sedang hamil tua,dung monang Naibaho mangalo Marbun ro ma ibana tu Oppu Raung Na Bolon disungkun Oppui ma ise do ho? Dialusi ma : Ba Ho do Au. Gabe Naibaho i ma mangganti anakna na monding i dibaen ma goarna goar ni anakna na monding i si Datu Galapang laos memperisterikan parumaen ni Oppu i.(maaf, cerita na hea hubege do na husuraton, hatingkosonna targantung tu hamu do haha doli) Todung Lumbantoruan, Hariara no 17.

      Hapus
  6. Abed dan Rio: Terimakasih untuk informasinya dan saya sangat setuju untuk informasi yg diberikan. Mungkin kalau ada informasi yang berkenan dengan blog ini kita bisa share di blog ini. GBU

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas infonya pra...

    Mungkin pernah apara dengar parpadanan lumbantoruan dengan situmorang lumbannahor?

    Tolong dishare ya pra...mauliate

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simak "Legenda Hubungan Sihombing Lumbantoruan - Situmorang Lumban Nahor" disini :
      http://keluarga-sihombing-lumbantoruan.webs.com/apps/forums/topics/show/9270794-tentang-sihombing-lumbantoruan-situmorang-lumban-nahor

      Hapus
    2. di blog ini ada juga tentang sihombing lumbantoruan dan situmorang lumban nahor.

      Hapus
  8. Saya sihombing lumbantoruan nomor 17 sian sipultak siborong2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naibaho dohot hutasoit
      Boi do marsibuatan???

      Hapus
  9. jadi naibaho sama silaban padan juga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putra: bedalah silaban sama lumbantoruan. memang toga sihombing ada 4 silaban, lumbantoruan,nababan dan hutasoit. tapi yg punya hubungan dengan dr 4 marga sihombing tersebut ke marga naibaho cuma marga lumbantoruan aja. dan diawal cerita sudah jelas padan marga sihombing lumbantoruan dengan naibaho.

      Hapus
  10. Ancimun si bolaon....tongka-tongka sipaboaon. ninna natuatua taringot tusi.

    BalasHapus
  11. Mohon koreksi jika salah,yg pernah saya dengar yg marpadan dengan marga Naibaho iti adalah Sihombing Huta Gurgur,sedangkan intuk Sihombing Hariara tidak
    Mauliate...

    BalasHapus
    Balasan
    1. toho dei pra...
      na sian hariara dang marpadan tu naibaho....

      molo di adat,mangalehon jambar panjouan na tu naibaho "napinadomuan ni mudar"

      Hapus
    2. Manat hamu be angka namaloi.
      Ai hutagurgur marhahaanggido doht hariara. Jd patalu hamu rohamu

      Hapus
    3. Abang adek do hutan gugur dht hariara
      Lumbantoruan

      Hapus
  12. Attong butimai... Horas ma hita saluhut... Sihombing_naibaho , saituhatta ma namangaramoti, jala mamasu-masu hita manang didia pe hita juppa.. Mauliate,,, by sihombing BOSNA Medan-Virgo Racing

    BalasHapus
  13. Sihombing lumban toruan diakui kg sama marga Naibaho sbg saudaranya

    BalasHapus
  14. sy keturunan op datu galapang, anaknya siampudan op datu lobi. berarti, sy marga naibaho dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nungga dijahaho sejarahna alai didokho muse ho marga naibaho,,ai namarnipi doho???

      Hapus
    2. Nanyak aja belom pande, behama boi patorangkon. Molo manungkun, unang songon na manguji...... bo.

      Hapus
  15. Horas Ahu Marga Naibaho Siahaan sian Siahaan Bagasan Huta ni Raja Naibaho Siahaan Hatutubuni Op Datu Galapang di Pangururan Samosir sada do Hita Amanguda Molo di Tarombonami Naibaho Siahaan Sundut (16) ma Op Datu Galapang Jala Ahu Sundut 18 ma Sian Naibaho Siahaan,molo naing takkas hamu ro akka Bapa tu Siahaan Bagasan Pangururan Samosir jala Boi do berengon muna di Taromboni Naibaho Jala Adong do Ruma Bolon di Huta nami on Ima Ruma Parsaktian ni Naibaho Siahaan,di Ruma Bolon on ma Na jolo akka Oppungta Tubu ima Akka Naibaho Siahaan termasuk Datu Galapang,ai dang tarturi-turihon nian marningot Hassitna Ai sada do hita akka Bapa ia au pe molo Ro au tu siborong-borong hudok do Si lumban Toruan au,ala memang hami dope Datu Galapang.,ai Au doho Ho do Au,Samudar do Hita dabah ido alana Sian Najolo sahat Tu Saonari molo marulaon Hami Naibaho Di Joudo Hamu tontong Onma Jabbar ni dongan Samudar nami Sihombing Lumban Toruan Datu Galapang,,Samudar do didok Amang sada do hita,Bohama na Samudar amanguda.,Podani Oppung dohot Bapa molo Jumpangmu Lumban Toruan molo didok imana margana Lumban Toruan Alusi ma Au doho ho do Au nga mangattusi na marga Naibaho Ho..Horas Horas Jala unang adong Hita namarbadai puang akka Katua dang boi sama sama hita Marsiasangan Awas hona Sumpah ni Oppung i,,ok deh Hidup Raja Naibaho Datu Galapang

    BalasHapus
    Balasan
    1. manat baen boh,,,,molo anak ni Naibaho ima Manginarnaiborngin do,dang na Datu galapang goarna sian samosir,,,ini sebagai koreksi,molo doboto lakkam muse boasa dang adong baenonmu taringot tu Datu bakkar

      Hapus
    2. satabi nasangap. manukkun majo ahu dihamu bapa niba naibaho.
      idiado luatni oppui (datu galapang) sattabi sangapni oppui. songon naung di patutur nai.

      Hapus
    3. Manukkun Majo muse boha do molo jumpa marga Lumbantoruan dohot mrga naibaho taringot tu panjouon sasintongna molo satarap umurna? Alana adong sebagian dongan samudar niba mrga naibaho sai ikkon jou on bapa manang abg tu nasida. Hpe molo diumur nian sarupa do jala nungga sama2 berkeluarga. Au Lumbantoruan pinompar ni datu galapang datu lobi.

      Hapus
  16. Kenapa marga naibaho tidak bernomor ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nikah sama marga naibaho.tapi pji tuhan aman aman dan punya keturunan yang cerdas.kan mmng tuhan tidak melarang .itu lengan dibuat manusia.lgian jdoh tuhan yang ngatur.aku lumbantoruan suami ku naibaho.tapi aman semua.sedangkan adam dan hawa pun sling menikahi sedarah mrka sndri mkanya kita ada.so itu hanya mitos

      Hapus
    2. Ini pantas d museumkan, dan sya rasa ini yg pkek2 bahasa roh itu.
      Makany dang maradat. ��

      Hapus
    3. Crhistine sihombing@ mlo mslah maranakhon dohonon mu,tu anak ni udam mnang na bapa tuam pe ho muli boi do margelleng,boha ma ma muse dohonon mu i???

      Hapus
    4. karismatik roh kudus api tdk mengakui adat batak.tapi diprotestan dan kathoLik anda dikenaL tidak beradat ,tdk tau asaL usuL anda.

      Hapus
  17. oh ya ceritanya sama dengan yang diceritain Papaku,, jadi klo ketemu sama Marga atau boru Naibaho, langsung ingat marpadan sebagai hubungan persaudaraan.

    BalasHapus
  18. apa efeknya kalo sihombing sama lombanturuan menikah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efeknya ya enak lah ito nia agustin.
      Di coba aja lh

      Hapus
    2. Boru aha do si nia on dang jelas naek gula niba manjaha comment na

      Hapus
    3. bisa - bisa saja .tapi tdk diakui orang batak aLias ndang maradat.

      Hapus
    4. Efeknya, jadi dang maradat. Adat itu adalah kesepakatan atau konstiuante, atau lebih dtersepakati lagi menjadi konstitusi. Kalau kita kawini mamak kita, atau perempuan menikahi ayahnya, atau itonya ya jadi gak maradat. Gak mau patuh sama adat ya terserah. Yang lain mau patuh kan baik. Gak mau patuh sama UU lalulintas ya terserah. KUHP ada sanksinya, penjara. Adat pun ada sanksinya, terkucil jika menikahi ito kandung. Soal gabe, pinahan ipe maranak marboru do, jala sinur. Ukurannya bukan itu, tapi kesepakatan atau konstituante. Anda tidak sepakat.... ba lomom ma

      Hapus
  19. saya boru sitindaon jadi pastinya kami urutan yg mana

    BalasHapus
  20. Mau tanya... Sitindaon adalah keturunan dari naibaho.. Jadi apakah sitindaon termasuk siraja oloan..? Karena yg saya dengar siraja oloan hanya enam dan tdk akan bertambah lagi... Lalu apakah sitondaon bisa menikah dengan sihotang..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sitindaon termasuk juga Siraja Oloan ,Jadi Persoalan Siraja Oloan yang Kamu dengar hanya 6 itu maksudnya 6 marga induk

      Hapus
  21. Mohon infonya apakah bisa naibaho dengan hutasoit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boi ,horas jaLa gabe.
      aru LUMBAN TORUAN tu hutasoit marsibuatan.asaL unang ma LUMBAN TORUAN tu NAIBAHO

      Hapus
  22. Kalau sihotang dengn sihombing lumbantoruan, bagaimana kira2

    BalasHapus
  23. Kalau sihotang dengn sihombing lumbantoruan, bagaimana kira2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, sudah banyak yg beranak cucu. Tp naibaho lumbantoruan blm ada

      Hapus
    2. Unang ittor ponis dangadong bapa,mungkin nahubotodo dohonommu...kenyataan diluat nami bks nungga adong

      Hapus
  24. Apakah sihombing dengan sitindaon bisa menikah?

    BalasHapus
  25. Horasss...appra si doli au ma popparan niHombar najolo suddut pa 17,Molo sian cerita mi appara sidoli berarti 3 do anak ni oppung ta raung nabolon ima Hombar na jolo,padde namora,gijjang manubung?bls

    BalasHapus
  26. Molo ni simak do cerita na diginjang i, berarti holan Ompu Raung Na Bolon manang Huta Gurgur do namarpadan dohot Datu Galapang . Molo tung pe diampu Raung Na bolon Datu Galapang na gabe anak na si pai opat seharusna dang gabe marganti marga nian Datu Galapang sian Nainaho gabe marga Sihombing Lumbantoruan alana marmarga do Datu Galapang ima marga Naibaho. Kecuali Datu Galapang i halak na so marmarga boi mai baenon marga ni ba margana, on halak na marmarga do ibana.
    Molo au berpendapat mulak ma nian Pinompar Ni Ompu Datu Galapang i, ima pinompar ni op.Tuan Guru Sinomba,op.Juara Babiat dan op.Datu Lobi tu marga Naibaho asa hot manang pas tarombo i. Manang dibahen margana Naibaho Lumbantoruan. Alasanna, asa unang terkesan terjadi penggelapan asal-usul songon na diatur ni hukum positif na mar laku di Negara Kesatuan Republik Indonesia ima Pasal 277 (1) Kitab Undang-undang Hukum Pidana :
    (1) Barang siapa dengan salah satu perbuatan sengaja menggelapkan asal-usul orang, diancam karena penggelapan asal-usul, dengan pidana penjara paling lama enam tahun.

    Jala asa unang membingungkan generasi muda.

    Songon ima komentar ni ba, jala molo adong na so satolop dohot kmentar on, parjolo au minta maaf.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin alana hurang diattusi hodo pardalanan ni sejarah i banna boi didokho songoni...saranku sukkun majo naumboto boado pardalananna asa diboto lakkam mamilah2 boado sasittongna

      Hapus
  27. Saya mau nanya apakah bisa naibaho dengan sitepu, mohon info nya??

    BalasHapus
  28. Saya mau nanya apakah bisa naibaho dengan sitepu, mohon info nya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benny,, sitepu sama naibaho tidak bisa,karena sihotang itu kalau di karo sitepu.jadi sitepu dan naibaho satu marga sama2 keturunan siraja oloan. Trmksh

      Hapus
    2. Benny,, sitepu sama naibaho tidak bisa,karena sihotang itu kalau di karo sitepu.jadi sitepu dan naibaho satu marga sama2 keturunan siraja oloan. Trmksh

      Hapus
  29. horas appara,,marga naibaho do au..lao manukkun jo appra,,adong peninggalan atau bukti nyata setelah ibaen padan naibaho dohot sihombing i appara???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau tanya
      ito marga naibaho kan
      Apakah marga naibaho itu sama dengan marga capah
      Bukan nya kalo marga naibaho
      Naibaho aja
      Dan terus apakah marga capah berpadan juga dengan sihombing
      Tolong dong di jelasin

      Hapus
  30. Terlampau pagodang hu akka hita na so umbotosa sejarah ni marga na..
    Alani i gabe asing2 pertanyaan na naeng si jawabon.. dungi muse ibanna tubu di kota i ra .. lamu so di boto tutur ni marga .. Salam Damai sian Naibaho

    BalasHapus
  31. Shmbng lbn toruan tuan hinalang dht sbng lbn turuan hariara boi do mar boru naibaho.horas.

    BalasHapus
  32. Ferdinan@,,, saya asli marga naibaho dari pangururan dan tepatnya di aek rangat si ogung ogung di bawah lereng pusuk buhit. Oppung saya dari dulu mengajarkan saya bahwasanya semua naibaho dan semua sihombing lumban toruan itu semua marpadan dan sama aja.

    BalasHapus
  33. Ferdinan@,,, saya asli marga naibaho dari pangururan dan tepatnya di aek rangat si ogung ogung di bawah lereng pusuk buhit. Oppung saya dari dulu mengajarkan saya bahwasanya semua naibaho dan semua sihombing lumban toruan itu semua marpadan dan sama aja.

    BalasHapus
  34. Mlt Ampara Daniel ! Dang marpadan naibaho dht sihmbng lbn toruan.alai pinompar ni raung nabolon mar Ampara ma tu naibahosiahaan. (ahu do ho jla ho do ahu).jdi pinompar ni op tuanhinalang dht pinompsr ni op hariara gabe do marboru naibaho dn sebalikna.mlt.

    BalasHapus
  35. Amang Saut herbet! Nauli ma komentar mi
    Au ferdinan shombing.ht.ggr.rng.nabolon.Pandenamora no.16.tu mogu do na nirahut ni Holong naung dipasu-pasu TUHAN sian urat ni padan/janji dht hukum/undang-undang.jadi dang adong penggelapan marga amang di pinompar ni Raung nabolon."ahu do ho,ho do ahu" hami tu Naibaho.(mar'ampara)mlt.

    BalasHapus
  36. Amang Saut herbet! Nauli ma komentar mi
    Au ferdinan shombing.ht.ggr.rng.nabolon.Pandenamora no.16.tu mogu do na nirahut ni Holong naung dipasu-pasu TUHAN sian urat ni padan/janji dht hukum/undang-undang.jadi dang adong penggelapan marga amang di pinompar ni Raung nabolon."ahu do ho,ho do ahu" hami tu Naibaho.(mar'ampara)mlt.

    BalasHapus
  37. Mohon bertanya. Kalau silaban sitio dengan sihombing lumbantoruan boleh saling menikah?

    BalasHapus
  38. Mohon bertanya. Kalau silaban sitio dengan sihombing lumbantoruan boleh saling menikah?

    BalasHapus
  39. Tok ka si paboa boaon...ido poda ni Ompung. Asa manat hita saluhut. Jujur...saya bisa ber intraksi pada saat yang di inginkan dia...dengan nama yang anda sebutkan namanya: Jonggol nai begu manginar nai borngin. Bila anda belum dan tak pasti jalan ceritanya , mohon jangan di publikasikan cerita yang benar.
    Yang nantinya akan membuat kontrofersi.mauli ate. Gabe jala horas di hita saluhutna.

    BalasHapus
  40. Tok ka si paboa boaon...ido poda ni Ompung. Asa manat hita saluhut. Jujur...saya bisa ber intraksi pada saat yang di inginkan dia...dengan nama yang anda sebutkan namanya: Jonggol nai begu manginar nai borngin. Bila anda belum dan tak pasti jalan ceritanya , mohon jangan di publikasikan cerita yang benar.
    Yang nantinya akan membuat kontrofersi.mauli ate. Gabe jala horas di hita saluhutna.

    BalasHapus
  41. Amang stefanus dilaban !mauliate di sungkun2 mi amang !poda ni oppunta Toga Dihombing namandok "Silaban Nababan Hutasoit Lumbantoruan !gabe ma hamuna sogot mar diboru-boruan "jadi boi do amang jla nunga tajalo pasu'pasu i sian Tuhan.mlt

    BalasHapus
  42. apa ada cerita antara sihombing dan silitonga? dan bagaimana kalau ibu dari siperempuan tersebut adalah boru situmorang? apakah itu hubungan itu boleh diadakan? saya sihombing lumbantoruan hutagurgur.

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita padan Lumbantoruan dengan datu galapang Naibaho, hanya memecah belah marga Sihombing. Jadi, jangan ambil pusing. Itu cerita rekaaannya itu, tidak nyata.

      Hapus
  44. Sihombing dg silitonga blh saling niash dan juga sama situmorang tdk ada larangan.tks

    BalasHapus
  45. Sihombing dg silitonga blh saling niash dan juga sama situmorang tdk ada larangan.tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syalom
      Horas bang, ada kontak abang? WA atau sosmed? Minta tolong ada yang mau kutanyakan bang. Terimakasih, Gb

      Hapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. mohon infonya
    kalau purba simalungun bolehkah menikahi sihombing hariara?

    BalasHapus
  48. Horas,
    Aku masih kurang mengerti tentang marga2 ini, jadi mohon izin utk bertanya
    Kalau Simamora Debataraja bolehkah menikah dengan sihombing
    Terimakasih ������
    Mohon balasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boi dora, alana nga godang naung gabe jala torop pinomparna...

      Hapus
  49. Saya marga lumbantoruan..
    Bisakah saya mengambil boru simamora,tapi mama nya boru naibaho?

    BalasHapus
  50. Saya marga lumbantoruan..
    Bisakah saya mengambil boru simamora,tapi mama nya boru naibaho?

    BalasHapus
  51. Kalo naibaho dengan sihombing nababan bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau tanya
      Apakah marga capah bisa menikah dengan sihombing lumban toruan
      Tolong di jawab

      Hapus
  52. Ahu sihombing lumbantoruan hutagurgur -datu parulas - ompu sidomdom sian Medan. Horasma tu sude akka dongan tubuku. Sian najolo na hudapot, sude sihombing lumbantoruan dohot naibaho ai samudar do i jala dang boi gabe marsiboru-boruan.

    Jala dang boi lumbantoruan mangalap situmorang lumbannahor alai sebaliknya situmorang lumbannahor boi do mambuat borutta alana beretta do i.

    Dengan kerendahan hati mangido maaf ma au molo adong nasala, mohon dikoreksi. Horas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. LUMABAN TORUAN tu LUMBAN TORUAN.
      LUMBAN TORUAN tu NAIBAHO.
      LUMBAN TORUAN tu Girsang Lumbantoruan.
      i do naso boi .moLo na asing na i ,gabe do sude.

      Hapus
  53. Bisakah sihombing lumbantoruan menikahi br sihotang??

    BalasHapus
  54. Molo boi manukkun majo tu bapa...
    Idiado luatni op.datu galapang i.(sattabi sangapni oppui)

    BalasHapus
  55. Haduuu sulit sekali adat inilah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaLau nggak mau nikah pakai adat ,boLeh saja tapi gereja karismatik yg nggak pake adat ,semarga kamu pun bisa kamu nikahi ,karna menoLak adat batak

      Hapus
    2. Botul goarmu baluhap. Ndang sude namargareja Karismatik manolak adat? Mauliate

      Hapus
  56. Kalau marga sitindaon mau menikahi boru simbolon tapi mama nya br sihombing lumbantoruAn bisa ga ya? Tolong di balas ya terimakasihh

    BalasHapus
  57. Supriadi lumbantoruan17 April 2018 pukul 20.44

    Hu paihut ihut taringot akka komentar mengenai sihombing lumbantoruan dohot naibaho gabe bingung au.
    Toga sihombing adong 4(silaban,lumbantoruan,nababan dohot hutasoit).na marpadan tu naibaho ima lumbantoruan.sementara hubereng akka komentar na mandok molo silaban boasa boi mangalap naibaho sementara sihotang mandok halaki mangihutton abg na si naibaho na gabe dohot padan ni lumbantoruan.sementara silaban abg ni lumbantoruan,boi silaban mangalap naibaho
    Au marpanukkun majo alana au marlomo ni roha tu boru bintang termasuk do inna naibaho i.sonari na gabe sukkun2,agama do manang adat siihuttonon?manang na gabe adat do na mangatur agama?
    Adong hata ni halak batak mandok rundut ni eme do gabe na.misal na hualap ma boru bintang,kan gabe rundut do.molo hu alap boru bintang hape gabe(maranak marboru)boha mai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ai na joLo pe NOMENSEN ro do tu tano batak mambuan agama PROTESTAN ,jadi moLo di protestan dohot kathoLik UNIVERSAL dope ,mengahargai kearifan LokaL .jadi di bahen ma akka ti-ting di gareja na be .
      ai moLo na so manerima adat masukma hamu tu karismatik na karas - karas hi.

      Hapus
  58. Horas,,
    Jadi kalo marga sihombing lumbantoruan menikahi br tobing( tpi mama boru tobing ini br sihotang) bisa tidak???
    Mohon infony

    BalasHapus
  59. Shalom.... maaf sebelumnya saya lumbantoruan hariara bolehkah dengan marga sihotang? Krna ada info kalau itu marpadan.jadi bingung dgn adat batak ni

    Terimakasih... mohon penjelasannya

    BalasHapus
  60. Sattabi ya..
    Saya boru lingga saya tinggal di simalungun ,klo dierah Simalungun
    Lingga termasuk siraja oloan berarti
    Jadi yg termasuk saudara kami adlah NAIBAHO sama SIHOTANG

    Jadi apakah lingga sama sihombing lumbantoruan itu gk bisa juga ya?

    Tolong pendapatnya kakak,ito..?

    BalasHapus
  61. Sattabi ya..
    Saya boru lingga saya tinggal di simalungun ,klo dierah Simalungun
    Lingga termasuk siraja oloan berarti
    Jadi yg termasuk saudara kami adlah NAIBAHO sama SIHOTANG

    Jadi apakah lingga sama sihombing lumbantoruan itu gk bisa juga ya?

    Tolong pendapatnya kakak,ito..?

    BalasHapus
  62. Sihombing ada hubungan apa dengan simamora? Atau ada hubungab apa dengan purba? Bantu info to. Mauliate

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ito egy purba@ hubungan nya ito,msih satu oppung dari toga ito,dari keturuna raja sambe(kturunan raja isombaon)
      Dan juga dari siraja lottong,yaitu:sma2 memperistrikan borunya siraja lottung...

      Hapus
    2. jadi to, kalau purba boleh menikah dengan lumbantoruan to?
      bantu jawab ito, Mauliate

      Hapus
    3. bisa dek ,nggak masaLah itu.
      istri saya br simamora dan saya marga sihombing.pestanya meriah dihadri banyak petuah - petuah.

      Hapus
  63. Bisa kah marga capah bisa menikah dengan sihombing lumban toruan
    Tolong di jawab

    BalasHapus
  64. Lestary sihombing19 Juli 2018 pukul 10.00

    Saya mau tanya
    Bisa kah marga capah menikah dengan sihombing lumban toruan
    Tolong info nya
    Saya butuh jawaban

    BalasHapus
  65. Jadi to, kalau purba boleh menikah dengan lumbantoruan to?
    bantu jawab ito, Mauliate

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan visit link berikut dan boleh di share ke teman atau keluarga :
      https://www.pagarkeluarga.id/?ref=7736720

      Hapus
  66. yg tak boLeh dinikahin LUMBAN TORUAN HAnya marga NAIBAHO dan GIRSANG LUMBAN TORUAN ..seLebihnya BoLeh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan bapa,lumbantoruan dang boi mangalap boru situmorang lumban nahor (boru ni amangboru ta do i)

      Hapus
  67. Horas. Saya mau bertanya amang inang, tolong di beri kejelasan & kepastian. Mama saya boru Hombing Lumbantoruan, boleh tidak saya menikah dengan Marga Sihombing Lumbantoruan? Terimakasih. Horas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenyataannya sudah bnyk begitu asalkan tidak ada hubungan keluarga dekat. Tapi efeknya jadi ribet aja yg harusnya kamu manggil tulang dengan marga sihombing jadi manggil amangboru. Saran ni ba molo boi unang

      Hapus
  68. Jadi laekku kalo nababan manggil sihombing itu apa ya? saya sihombing lubantoruan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas bapa.
      Klw g ada hubungan pernikahan dengan nababan dr garis keturunan keluarga,kita manggil nababan bapauda jala halaki manjou hita bapatua manang abg. Ingot si opat ama i bapa, silaban lumbantoruan nababan hutasoit

      Hapus
  69. Jadi laekku kalo nababan manggil sihombing itu apa ya? saya sihombing lubantoruan

    BalasHapus
  70. Oppui Datu Galapang nama pemberian dari bpknya di Lintongnihuta,bkpnya Oppui Raungnabolon sihombing lbn toruan

    BalasHapus
  71. Pantang,Saruh,berdosa mengunkit ngunkit terlalu dalam tt sejarah itu,pokoknya oppui pahlawan yg di utus(takdir)dari Tuhan,jadi pahlawan marga sihombong lbn

    BalasHapus
  72. Toruan di Lintongnihuta,agar tanah yg luas itu tdk jatuh ke tangan org lain,kita 1 generasi lebih kurang usianya 100 thn

    BalasHapus
  73. Org tua saya sudah meninggal usianya 95 thn,saya anaknya turunan dari Borsak Sirumonggur Sihombing lbn toruan no 17 jadi usia oppui Datui hingga sekarang brp tahun yg lampau hingga saat ini

    BalasHapus
  74. Sejarah Oppung kita,sejalan dgn INJIL dari Kejadian Penciptaan,hingga Penggenapan Perjanjian baru,itu yg disamakan,Nenek moyang kita,ke Nenek,kenenek kita,baru ke oppung kita

    BalasHapus
  75. Oppung ke oppung baru bapak kita,turun ke kita,jadi sejarah tdk buta,nama Oppui Datui(nama asli)tetap dirahasikan sehari hari tetap nama pemberian dari bpknya oppui Raungnabolon

    BalasHapus
  76. Nama asli kita simpang,dikita/dikami turunan/pinompar ni Datui(Hahomion )org yg bijak mengucapkan ini empat mata,berdosa,saruh mempulgarkan ini

    BalasHapus
  77. Zaman dulu banyak sejarah marga2dan keadaan sekarang dgn jaman merdeka sudah ada tulisan yg semakin canggih itulah peneimbang bagi yg menyimak dgn teliti,cermat,akurat;cth sejarah

    BalasHapus
  78. Matahari,Bulan Bintang,Adan dan Hawa adalah Sejarah,itulah sejarah,Nenek moyang kita pun mengikuti itu,tanpa sadar

    BalasHapus
  79. Ito Kristin,maaf sangat Patal walapun aman2saja kalian,dimana dulu kalian saling mengenal,tdk pernah dpt Sipodaon hamu nadua dari org tua atau atau nasihat,pasogit kalian dari mana/atau lahir di kota,maaf ito sebenarnya malu membuka ini,ternyata sudah ada melangkahi,kalau kalian aman saja,banyak kawin sedarah Inses,bedasarkan ilmu Kedokteran,di jawa timur kab Ponorogo tempat itu,jangan sakit hati ito,coba pulang keleluhur kita Pangururan samosir gimana tanggapan mereka,org batak ada bahasanya,tulisannya 16 hurup(abjad)dulu tdk ada agama,peradapan manusia kolot,kuno,peodal,maka Injil berbicara mulai dari kejadian Penciptaan sampai Penggenapan,itu sudah jelas Tetsirat dan Tersurat,itulah yg kita ikuti maupun nenek moyang kita,Tuhan mengatakan memerintahkan Hai anakku dari Tanah Perjanjian Israel Jerusalem jelajahilah seluruh dunia ini,pergi anda ke Toba ke marga Naibaho dan Sihombing lbn Toruan agar di perbaiki Managemen Peradapan mereka itu,katakan tdk boleh menikah yg ada hibungan Sedarah,itu ke Hormatan dan Harga diri,jangan lagi menyembah berhala kalian,memuja muja Pohon Rindang,Hormati Tuhanmu hormati Orang tuamu itu Wakil Tuhan Debata Natarida(yg kelihatan)jangan Tabrak apa yg digariskan mereka,itu adalah Norma Norma atau Maszab,itulah budaya,Kehormatan dan Hargadiri adalah segala galanya,kami merinding mendengarnya maaf ito 1000 x maaf jangan muncul membuka A...........??????????????

    BalasHapus
  80. Sihombing lbn Toruan Baibaho,Bintang(baibaho)tkb bisa,kita belajar mulai saat ini Naibaho Sihombing lbn Toruan,Sihotang,Sitindaon tdk bisa,kalau ada yg melangkahi tdk pernah dpt poda,sejarah,tdk mendengar,merantau lalai lupa dll,mari kita buka kembali sejarah ini,sebelum Murka Tuhan datang atau masih di Anju,atau masih di nasehati Tuhan Saudara saudariku

    BalasHapus
  81. Salah doi kakanda anggo na toho namate do anakni sihombing ima sihombing lumban toruan ibaen raja marbun jdi roma raja sihombing idokma hu op dtu galapang anggo boi iboan ho uluni raja marbun homa na gbe gantini raja lumban toruan dung iboan uluni raja marbun ipasaut ma op dtu galapang hu inantani sihombing lumban toruan jla idok raja sihombing ma homa gantini anakku hra so ngoni do kakanda mauliaye

    BalasHapus
  82. Saya jumpa sama boru naibaho langsung dibilangnya panggil kakak kau samaku ya. Kebetulan memang diatasku umurnya kakak itu, jelas kan. Salam dale

    BalasHapus
  83. mantap juga ceritanya semoga untuk menambah pengetahuan da kebenaranya bisa dipercaya.

    BalasHapus
  84. Newest first by, Sinarmas Group
    Pertanggungan kecelakaan meninggal dunia dan menjadi pengusaha ketika jadi nasabah dan bekerja dengan E-COMMERCE system.

    Format Data Untuk Input Calon Nasabah Pagar Keluarga

    *Premi Option:
    1.Basic :300.000/Tahun ( proteksi 100.000.000)
    2. Elite : 1.500.000/thn ( proteksi 500.000.000)
    3.Super : 3.000.000/thn 1.000.000.0000

    Data Pribadi
    Nama Lengkap sesuai KTP :
    No. KTP :
    NPWP (abaikan jika tidak ada) :
    Tempat lahir :
    Tanggal Lahir (DD/MM/YYYY) :
    Email:
    HP :
    Jenis Kelamin:
    Alamat Lengkap :
    Kota :
    Kode Pos :

    Data Ahli Waris Hak Bisnis
    Nama Ahli Waris :
    No. KTP Ahli Waris :
    Hubungan Ahli Waris :

    Data Bank
    Nama Bank :
    Cabang Bank :
    Kota Bank :
    No. Rekening :
    Nama Pemilik Rekening :

    Data Referensi dan Placement
    No. ID Referensi :
    Nama Referensi :
    No. ID Placement :
    Nama Placement :
    Group Penempatan : Kiri/Kanan
    Silahkan visit link berikut dan boleh di share ke teman atau keluarga :
    https://www.pagarkeluarga.id/?ref=7736720
    Setelah linknya terbuka silahkan scroll down untuk lebih detail.
    Jika kurang jelas silahkan hub..ingin saya HP/WA.
    0898-333-5791 / 0813-1448-3633
    Email:
    sombulum@gmail.com

    BalasHapus
  85. Silahkan visit link berikut dan boleh di share ke teman atau keluarga :

    https://www.pagarkeluarga.id/?ref=7736720

    BalasHapus
  86. Mau tanya... Bisakah marga sihombing menikah dengan br bakara?

    BalasHapus
  87. Hoby Main TOGEL/POKER/BOLA? Ayo Gabung di HALOTOTO

    * Bonus New Depo 10 rb
    * Bonus TO 0.5%
    * Bonus Reff 20%
    * Discount Togel
    4D : 66 % |X3000
    3D : 59 % |X400
    2D : 29 % |X70

    * HOT PROMO BERLAKU SEMUA PASARAN

    PROMO JP NOMOR HP :
    4D NO HP : 3000.000
    3D NO HP : 500.000
    2D NO HP : 100.000

    LINK DAFTAR Togel : WWW. REJEKIKITA .COM
    LINK DAFTAR POKER : WWW. HLOQQ. INFO

    Info Lanjut :
    WA:+62 853-1157-2784
    BBM:E35CCA80

    BalasHapus
  88. Manginar naiborgin ma goarna tikki naibaho.dung gabe sah sihombing lumbantoruan Datu galapang ma goarna.anak si pai 4 Raung nabolon.
    anak ni datugalapang 3.
    1.Tuan guru sinomba
    2.Juara Babiat
    3.Datu lobi nasumurung.di hitanami nungga dibagi parjambaran DONGAN SAMUDAR tu marga naibaho.horas ma hita saluhut

    BalasHapus
  89. apakah sitindaon bisa menikah dengan sihombing?

    BalasHapus
  90. Apakah purba Simalungun bisa menikah dengan Simamora??

    BalasHapus
  91. Mantap dihamu side dongan tubu siang songong angka dongan padan.

    BalasHapus
  92. Izin tanya. Aku simamora babiatnaingol,bolehkah menikah dengan boru sihombing?

    BalasHapus
  93. Apakah marga naibaho bisa berhubungan dengan boru sihombing hariara?Trimakasih

    BalasHapus
  94. Apakah bisa sihombing menikah dengan rumahorbo

    BalasHapus
  95. Hay min,
    Gmna kalo boru sihombing nikah sama marga marbun? Itu gmna?
    Boleh atau enggak? Mohon penjelasannya min

    BalasHapus
  96. Horas...
    Au sihombing datu lobi nasumurung no 16,naeng manukkun,molo tu sitindaon manjou aha do au? Appara manang abg?mauliate horass

    BalasHapus
  97. Jdi bg, saya punya gebetan, dia boru pardede, saya marga naibaho, namun dia mempunyai ibu yg boru Sihombing, apa kah kami bisa bersatu?

    BalasHapus
  98. molo sihotang dhot naibaho sma do
    ale sihotang boi do mangalap br sihombing lumban toruan
    skedar brtanya
    buar tdk salah langkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi bolo Sihombing Lumbantoruan boi do mangalap boru Sihotang

      Hapus
  99. Sihombing Lumbantoruan bisakah menikah dengan boru Sihotang

    BalasHapus
  100. horas abang admin, mohon pencerahannya abang abang kakak kakak, jd buti, umakku boru sihombing lumbantoruan, jala adong ma dongan donganhu boru nainggolan, ale umakna boru naibaho. na husunkun disi abang kakak, boe do marsibuatan hami? mohon pencerahanna abang kakak

    BalasHapus
  101. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  102. Mau nanya bang admin. Jadi kalau mama kita boru hombing lbn toruan, borunya boru situmorang menikah dengan marga naibaho. Itu gimana? Situmorang dan naibaho itu bisa menikah? Ada pada tidak?

    Terimakasih. Horas

    BalasHapus
  103. Sattabi di hamu akka dongan tubu ku, au Sihombing Lbn Toruan, Hutagurgur, datulobi....
    Unang pola ta permasalahon akka turi2 an ni oppung najolo!

    Rap mangihuthon ma Hita saluhut na
    Mauliate

    BalasHapus
  104. Molo taringot tu komen ni amang @saat Herbin, sattabi i dang jalan keluar i amang!

    Aha naung ni podahon ni op.ta najolo nasi jadi oseon....

    Mauliate ma di dongan samudar nami Naibaho na mangalean masuk di vlog on..... Jala on porlu do ceritahonon ta tu pinompar muse, Asa unang sursar tarombo i.....
    Mauliate

    BalasHapus
  105. Jdi bisa gk sihotang ngambil Boru Sihombing

    BalasHapus
  106. horas ma di hita sude.
    horas amang, naeng manukkun jo au amang.
    aha do hubungan ni marga purba dohot sihombing lumbantoruan.
    alana di tano simalungun di dok marpadan do marga sihombing dohot purba.
    ale sattabi na i amang, dang hea do pe hubege marpadan purba dohot sihombing.
    mohon penjelasan jo amang.
    mauliate di hita sude.

    BalasHapus
  107. admin saya mau nanya apakah Naibaho bisa menikah dengan Marbun lbn Gaol??

    BalasHapus
  108. Apa bisa Sihotang mnikah dengan Sihombing?

    BalasHapus
  109. Ise do goar ni opputta Natahan dibakkar i?Alana hea au marnipi adg natua-tuatta boi hundul diginjang ni gara ni api?

    BalasHapus
  110. Saya mau Tanya boru sihombing Dan marga barus karo apakah masuk padanan? Apakah mereka tidak bisa menikah???

    BalasHapus